Tahapan Mengajarkan Huruf dan Kata Pada Anak

Cara Mengajarkan Anak Membaca
Mengenal huruf dan kata merupakan bagian dari aspek pengembangan membaca terhadap anak, oleh karena itu berikut ini adalah tahapan pembelajaran membaca melalui mengenal huruf dan kata. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:

Jika Anak Belum Mulai Belajar Membaca

  • Mempelajari kata-kata dengan bermain kotak-kotak yang ada hurufnya, melihat buku bergambar, bermain magnet kata, dll.
  • Mempelajari kata-kata dari lagu, sajak, rambu lalu lintas, dan logo pada kemasan makanan.
  • Mempelajari tentang buku cetak, dimana sebuah cerita dimulai sampai berakhir.
  • Menyukai buku dan mencoba untuk membacanya.
  • Mulai mengerti bahwa pikirannya bisa dituangkan ke dalam buku menggunakan gambar, simbol, dan huruf.
  • Mulai berperilaku seperti pembaca, sebagai contoh memegang buku dan pura-pura membaca.
  • Mulai bertingkah seperti penulis, memegang pensil dan pura-pura menulis.
  • Menggunakan gambar dan ingatannya untuk bercerita.

Ketika Anak Pertama Kali Belajar Membaca

  • Menyadari bahwa orang-orang menceritakan sesuatu lewat tulisan
  • Mulai tertarik ketika diminta untuk membaca
  • Mulai mencocokkan kata-kata yang diucapkan dan yang ditulis dan melihat hubungan antara bunyi dan huruf.
  • Mencoba untuk membaca, dan mengucapkan dengan keras kata yang dibacanya.
  • Mengerti bahwa gambar bisa membantu mengartikan kata
  • Mencoba untuk menulis, misalnya menggunakan gambar, simbol yang mirip huruf, menulis kelompok huruf acak, menulis kata dengan huruf dan memberi spasi diantara kata.
  • Mengerti bahwa menggambar dan menulis berbeda.

Jik Anak Sudah Belajar Membaca hal-hal sederhana

  • Lebih percaya diri dalam menggunakan berbagai metode,seperti isyarat visual untuk mengidentifikasi kata di dalam tulisan
  • Mengenali beberapa kata dan mencoba untuk mencoba membaca kata
  • baru
  • Menulis kalimat sederhana, menggunakan huruf nyata, spasi antar kata
  • Menikmat menulis dan tertarik menulis dengan cara yang berbeda-beda, misalnya menulis daftar belanja, SMS, kartu ucapan, dan label
  • Mulai merencanakan, merevisi, mengedit beberapa tulisan

Apabila Anak sudah Lancar Membaca

  • Mengidentifikasi dan mengartikan kata-kata ketika membaca dengan cara yang bervariasi
  • Menghubungkan ide dan pengalaman di dalam buku dengan pengetahuan dan pengalamannya
  • Bisa memperkirakan kejadian di dalam cerita
  • Bisa mengerti bahwa membaca dan menulis itu hal baik, dan memiliki inisiatif untuk membaca dan menulis untuk tujuannya sendiri
  • Menggunakan berbagai strategi untuk mengeja kata-kata dengan benar
  • Memilih kata-kata untuk menulis kalimat dan mengorganisasikan kalimat dalam sebuah paragraf.
  • Menggunakan berbagai macam cara untuk merencanakan, merevisi, dan mempresentasikan tulisannya sendiri. (Basrochah, 2011 : 33-36).