Kelebihan dan Kelemahan Media Kartu Huruf Bergambar

Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran perlu diperhitungkan, karena tidak semua media pembelajaran akan tepat dan sesuai dengan materi dan kebutuhan peserta didik.

Demikian juga halnya dengan media gambar atau kartu bergambar, media ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut ini ada dua pendapat mengenai kelebihan dan kelemahan media kartu bergambar.

Kelebihan Media Gambar Menurut Sadiman (1996 : 31) 


Kelebihan media gambar sifatnya konkrit dan lebih realistis dalam memunculkan pokok masalah, jika dibandingkan dengan bahasa verbal. Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu, dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita, memperjelas masalah bidang apa saja, harganya murah dan mudah didapat serta digunakan.

 Kelemahan Media Gambar Menurut Rahadi (2003 : 27)


Kelemahan media gambar hanya menampilkan persepsi indera mata, ukurannya terbatas hanya dapat dilihat oleh sekelompok anak, gambar di interpretasikan secara personal dan subjektif, disajikan dalam ukuran kecil, sehingga kurang efektif dalam pembelajaran.

Dari dua pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa kelebihan media gambar sebagai salah satu teknik media pembelajaran yang efektif karena mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas, kuat dan terpadu melalui pengungkapan kata-kata dan gambar.

Sedangkan kelemahan media gambar adalah ditampilkan dalam ukuran yang tebatas, sehingga kurang dapat dilihat oleh semua peserta didik terutama peserta didik dibagian belakang, seerti itulah yang dimaksud kurang efektif dalam pembelajaran.