Dalil Metode Pendidikan Melalui Nasehat , Diskusi dan Bercerita

Dalil Al-quran untuk Metode pendidikan melalui Nasihat:

Nasihat yang jelas dan dapat dipegangi adalah nasihat yang dapat menggantungkan perasaan dan tidak membiarkan perasaan itu jatuh kedasar bawah dan mati tak bergerak. Al-Qur’an sendiri penuh berisi dengan nasihat-nasihat dan tuntunan-tuntunan seperti dalam Q.S An-Nisa : 36,38 dan Luqman : 13 dengan seterusnya.

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (Q.S. Luqman: 13)

Dalil Al-quran untuk Metode pendidikan melalui diskusi:

Metode diskusi; dengan metode ini lebih memantapkan pengertian, dan sikap pengetahuan mereka terhadap sesuatu masalah.

ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Artinya: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (An-nahl: 125)

Dalil Al-quran untuk Metode pendidikan melalui bercerita:

Mengisahkan peristiwa sejarah hidup manusia masa terdahulu yang menyangkut ketaatan atau kemungkaran dalam hidup terhadap perintah Alloh SWT.


لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُوْلِي الأَلْبَابِ ...

Artinya: Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. (QS. Yusuf: 111)