6 Strategi dalam Belajar dan Pendidikan di Sekolah

1. Jadikan iman dan takwa sebagai inti pendidikan nasional, secara operasional UU merupakan pelaksananan UUD. UUD ’45 pasal 31 ayat (3) menyatakan bahwa “Pemerintahan mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan UU. 

2. Optimalkan Pendidikan Agama Islam dengan berbagai pengoptimalisasian melalui metode, kualitas guru dan sarana prasarana bukan berarti penambahan jam pelajaran di sekolah. Lebih penting lagi, optimalisasikan aspek-aspek pendidikan agama islam yakni aspek knowing (mengetahui), doing (terampil), dan being (melasanakan).

3. Teladankan perilaku yang sesuai ajaran islam peneladanan dan pembiasaan adalah metode unggulan yang digunakan Rasululloh SAW. yang meneladankan adalah semua yang berinteraksi kepada peserta didik. 

4. Integrasikan ajaran agama Islam ke dalam pembelajaran; pengintegrasikan materi pembelajaran, pengintegrasikan bahan ajar, pengintegrasian media pengajaran. 

5. Ciptakan suasana kondusif dan menyenangkan untuk meningkatkan iman dan takwa, terlebih dahulu perlu ditetapkan beberapa nilai dan norma dasar sebagai pedoman umun dalam menata lingkungan sekolah. 

6. Kerjasama sekolah dengan orangtua, berhasil atau tidaknya pendidikan itu ditandai dengan diamalkannya ajaran agama itu sehari-hari oleh peserta didik. Orangtualah di rumah yang paling mengetahui pengalaman itu oleh anaknya.