Langkah-langkah Pembelajaran Kosakata (Mufradat)

Jika Anda akan mengajarkan kosakata baru, Anda bisa menempuh beberapa langkah yang mungkin bisa membantu Anda:
  1. Guru mengucapkan kosakata (B.Asing) sebanyak dua atau tiga kali dan siswa mendengarkannya.
  2. Guru menuliskan kataa di papan tulis dengan harakat yang lengkap.
  3. Guru menjelaskan makna kata dengan cara yang sesuai dengan karakter kata tersebut.
  4. Guru menggunakan kata tersebut dalam satu atau beberapa kalimat sempurna supaya siswa lebih memahami makna dan fungsi gramatikalnya.
  5. Siswa menirukan  pengucapan salah satu kalimat tersebut secara bersama-basama, kemudian secara kelompok , lalu secara individu.
  6. Guru membimbing cara menulis kata tersebut kepada siswa, lebih-lebih jika kata tersebut memiliki tingkat kesulitan dalam penulisan.
  7. Guru menulis  makna kata dan kalimat yang dapat membantu kejelasan makna di papan tulis.
  8. Siswa menulis kosakata-kosata baru yang sudah di tulis oleh guru di papan tulis
  9. Siswa menulis kata, arti kata, dan contoh kalimat di buku masing-masing.
Sembilan (9) langkah di atas dapat memwujudkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Siswa dapat mendengarkan contoh pengucapan kata dari guru sebelum meniru dan mengulanginya.
  2. Siswa mengulang-ulang pengucapan kata setelah memahami maknanya.
  3. Langkah-langkah ini besifat komprehensif, dimana guru mengucapkan kata, mengulang-ulangnya, menulisnya di papan tulis, meletakannya dalam kalimat sempurna, dan menulis maknanya. Begitu juga siswa siswa, mendengarkan pengucapan kata, menulisanya, membacanya, dan mengulangnya.
  4. Siswa mengulang-ulang kara dalam konteks (kalimat sempurna).

Referensi penulisan buku Ali Al-Khuli.